Wednesday, February 28, 2018

Guru Dapat Kenaikan Gaji, Karena Mogok, Dan Pengaruh Anak SD

Hampir 300 ribu guru di negara bagian West Virginia di Amerika mogok kerja utk 4 hari, untuk menuntut kenaikan gaji. Gubenur akhirnya jadi setuju, dan mogok selesai. Awalnya gubenur menolak, karena tidak ada dana. Tapi setelah dia diskusi dengan seorang anak SD kelas 6, dia mengaku pikirannya berubah. Ketika ada acara tanya jawab dengan anak2 sekolah, gubenur jelaskan bahwa pemda perlu khususkan dananya untuk investasi turisme dsb., agar bisa tingkatkan penghasilan pemda. Lalu anak kecil itu bertanya kepada sang gubenur, apakah tidak lebih baik kl gurunya digaji dengan baik, agar bisa fokus dan mendidik dengan baik, agar anak itu menjadi pintar, dan dia bisa menciptakan penghasilan dan kemajuan yang baik di kemudian hari?

Gubenur mengaku bahwa komentar anak itu mengubah pikirannya, dan dia perlu menganggap kenaikan gaji guru sebagai suatu investasi bagi masa depan anak. Peningkatan kecerdasan anak akan membawa hasil baik bagi propinsinya nanti. Jadi dia setujui kenaikan gaji bagi semua guru. 
Sedangkan di Indonesia, kebanyakan siswa mengatakan bahwa mereka diajarkan utk hafal jawaban yang benar (milik guru), diam dan taat dengan guru dan pemerintah, dan jangan berani berbeda pendapat. Di Amerika, mendidik anak untuk berpikir sendiri malah membawa hasil kenaikan gaji bagi guru, setelah seorang anak SD menjalankan ajaran gurunya untuk menyampaikan pendapatnya dengan baik dan benar kepada pihak yang berkuasa. Dan berhasil. Pikiran anak adalah hasil dari sistem pendidikan. Mau dapat negara maju dan sejahtera, mulai dengan mengubah sistem pendidikan, dan cerdaskan semua siswa sejak SD.
-Gene Netto


Schools closed in West Virginia for another day amid teacher strike


6th-Grader Persuades Governor To Give West Virginia Teachers A Raise, End Strike
The walkout -- which kept the state's roughly 277,000 public school students out of class -- came after Justice signed legislation late on the night of February 21, granting teachers a 2% pay increase starting in July, followed by 1% pay increases over the next two years.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...