Wednesday, November 29, 2017

Jangan Biarkan Masa Lalu Terulang Lagi



Seratus tahun yang lalu, kehidupan di Inggris sangat sulit. Orang miskin dibiarkan saja sakit dan mati karena tidak ada uang utk berobat. Lalu setelah Perang Dunia II, Inggris menciptakan NHS (mirip BPJS) yg berikan pengobatan gratis utk semua warga. Bapak Harry ini lahir di sebelum ada NHS, dan melihat adik perempuannya wafat dari TBC di usia 15 tahun karena tidak bisa berobat. Harry juga merasakan kelaparan setiap hari, dan sekarang masih ada jutaan anak di Inggris yang kelaparan setiap hari.

Harry sudah hidup sampai usia 94 tahun, dan dia mengatakan zaman yang dia alami dulu mulai terjadi lagi sekarang. (NHS di Inggris lagi alami kondisi buruk, karena pemerintah pangkas pendanaan utk menghemat uang. Tapi dana utk bom nuklir tidak mau dikurangi.)

Harry juga melihat kekejaman manusia pada zaman perang, dan korban perang yg kabur ke negara lain utk mencari keselamatan. Dan sekarang masih terjadi. Dia melihat bagaimana kebanyakan orang sibuk buang muka, dan tidak mau direpotkan dgn mengurus semua pengungsi itu, walaupun mereka adalah manusia juga.
Di usia 94, Harry telah menulis buku penuh petunjuk utk generasi muda, dgn judul, "Jangan Biarkan Masa Lalu Saya Menjadi Masa Depan Anda".

Pengalaman orang yang tua sangat berharga, tapi berapa banyak dari kita yang tidak mau belajar dari masa lalu? Harry sarankan semua orang muda menjadi aktif untuk menuntut pelayanan berkualitas dari pemerintah, dan tidak biarkan pemerintah bertindak semaunya. Rakyat punya hak untuk hidup secara sejahtera.

Apa rakyat Indonesia juga mau bangkit dan berjuang dengan menjadi aktif untuk memperbaiki kualitas hidup bagi semua warga? Atau apa hanya orang kaya yang berhak dapat kehidupan yang baik?
-Gene Netto

Harry Leslie Smith on the importance of the NHS
(Bisa pasang teks bahasa Inggris di Video)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...